Kajian.Net

Belajar Bloging,Trik Facebook,Komputer,Internet,Hacking,Kajian Islam.

Menolak Ilmu Kalam,

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Diantara madzhab salaf adalah menyalahi ahli bid'ah dan hawa nafsu dalam istidlal .( berargumentasi membangun agama )
Ahli kalam,.mereka adalah orang orang yang tidak menghargai nash nash syar'i dari al qur'an dan as sunnah, bahkan nash nash ini sering merka tolak dengan mencela sanadnya,. dan terkadang dengan mentakwil isinya , mencela lafazh yang dimaksud dan membawanya kepada makna sangat jauh, atau terkadang mengatakan bahwa ia hanyalah hadis ahad ( tidak mutawatir).


Ini semua tidak mungkin mereka lakukan kecuali karena bersarangnya kebatilan di hati mereka, mereka hanya sibuk dan sibuk dengan ilmu kalam , manthiq, falsafi, ( logika filsafat : logika akal akalan ) bukan logika yang syar'i dan fitri yang di benarkan oleh syari'at.. mereka mengambil  dalil filsafat dalam menetapkan akidah dan dan hukum, mereka lebih mendahuluikan teori teori yang dimkemukakan oleh aristoteles, socrates, serta orang atheis lainya ketimbang firman Allah dan sabda Rasul-Nya.
Para ahli hadis menolak cara cara seperti ini, karena kerusakan dan kesesatannya. para imam ahlussunnah memandang bahwa orang ahli kalam/ filsafat jauh dari kebenaran  bahkan mereka bukan ahlussunnah meskipun ucapan mereka sesuai dengan sunnah sampai mereka meninggalkan ilmu kalam.
Kalam yang di maksud disini adalah ilmu yang membahas dan menetapkan akidah berdasarkan logika dan akal  semata sebagai ganti dari al qur'an dan as sunnah dan ijma para sahabat.
BERSAMBUNG
 insya Allah.

sumber majalah qiblati edisi 09/ III juni 2008

BACA JUGA :

1 komentar:

  1. jadi itu ya artinya ilmu kalam!??

    nice info banget nih!


    nih yang nice info juga!

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=1.3099&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fweb%2Fevents3%2Fcode%2F2978692874%2F%3Fsmtt%3D1.3099

    Produk supermarket paling murah + gratis ongkir tuh!

    BalasHapus