Kajian.Net

Belajar Bloging,Trik Facebook,Komputer,Internet,Hacking,Kajian Islam.

Sedikit Mengenai Talmud

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Kebanyakan orang Yahudi menganggap kitab Talmud lebih suci dibandingkan dengan Taurat, Didalam kitab Talmud ada salah satu fatwa sang Rabbi yang berbunyi,'' Orang yang mempelajari Taurat berarti telah melakukan keutamaan, tapi tidak layak mendapatkan imbalan, Orang yang mempelajari Mishnah berarti melakuakn keutamaan yang layak dapat imbalan, sedangkan orang yang mempelajari Gemara berarti melakukan keutamaan yang paling besar.''

Kata Talmud sendiri berasal dari bahasa Ibrani, yaitu Lamud, yang berarti Studi dan Kajian, Sedangkan kata Talmud dalam kamus bahasa Arab, sangat dekat dengan, Tilmidz, yang berarti Pelajar.

Talmud tediri dari dua bagian, yaitu Mishnah dan gemara, Mishnah merupakan suatu yang harus dipelajari dan di ingat, ini merupakan bagian pertama dan utama dari kitab Talmud, Sedangkan Gemara ialah bagian kedua dari Talmud, lahir akibat perbedaan pendapat di antarapara Rabbi tentang kandungan kitab Mishnah.
Mishnah terdiri dari enam risalah, Pertama: Zeraim, yaitu tumbuh tumbuhan, dedaunan,buah buahan,biji bijian. Kedua: Moed, yaitu kitab yang membahas tentang peringatan, misalnya kapan perayaan hari Sabbath,
dan perayaan yang lainya. Ketiga: Naschim, kitab ini membahas tentang perkawinan,peran dan tugas wanita,
kekeluargaan.Keempat: Nezikim, membahas tentang kerusakana di muka bumi, hukumanya dan ganti rugi.
Kelima: Kodaschim, membahas berbagai ritual suci keagamaan. Keenam: Tohoroth, membahas tentang kebersihan,

Selain enam bagian yang telah disebutkan diatas, setiap enam bagian tadi masih dibagi dalam beberapa risalah yang disebut Massikoth, dan Massikoth pun masih dibagi dalam beberapa bab. Zeraim terdiri dari 11 jilid, Moed 12 jilid,Naschim 7 jilid, Nezikim 10 jilid,Kodashim 11 jilid, serta Tohoroth 12 jilid.

Diantara Mishnah dan Gemara kebanyakan kaum Yahudi beralih ke kitab Gemara, karena mereka menganggap Mishnah terlalu banyak memuat ayat ayat umum yang kurang jelas penafsiranya, karena memang kitab Gemara berisi syarah atau tafsir dari kitab Mishnah.

Akan tetapi perkembangan Talmud terus bergerak, karena setiap kali ada kejadian yang menyengsarakan kaum Yahudi akan selalu di abadikan kedalam Talmud. Dari itu maka tidaklah heran, dendam dalam dada mereka akan selalu terjaga hingga keanak cucu mereka sampai kini.

Mereka selalu berfikir bahwa mereka adalah bangsa terpilih,sehingga ambisi mereka untuk menguasai dunia
terus mereka perjuangkan. Karena kitab Talmud inilah akhirnya lahir gerakan Zionis di Bassel, Swiss.
dan pada tahun 1897, dan tercetuslah sebuah gagasan untuk mendirikan negara Israel yang merdeka.

Allah telah memperingtkan mereka kuam Yahudi.
Di dalam surah Al-Baqarah ayat 41-42, Allah Ta'ala berfirman yang artinya:

'' Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan ( Al-Qur'an ), yang membenarkan kitab yang ada padamu ( Taurat ), dan janganlah menjadi orang yang pertama yang kufur terhadapnya, dan jangalah kamu menjual ayat ayat-Ku dengan harga murah, dan janganlah kamu tutup kebenaran dengan kebatilan, dan janganlah kamu sembunyikan kebenaran sedang kamu mengetahuinya.''




BACA JUGA :

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar